.

Jumat, 15 Juli 2011

Cegah Hacker Masuk Komputer Kita

Kali ini saya akan share cara mengamankan komputer dari hacker, mudah-mudahan bisa membantu mencegah hacker untuk menyatroni komputer kita. Cara ini cukup efektif walaupun masih bisa di bobol sama hacker karena hacker selalu selangkah lebih maju.
Pertama Punya Anti Virus
Kalau Antivirus ini merupakan aplikasi yang wajib-wajib-wajib ada. Nanti dulu urusan hacker, kalo gak ada Antivirus alamat komputer anda bakal disatroni maling, eh virus maksudnya. Jika dilihat dari database AV (Antivirus) Smadav dan PC Media AV, virus-virus Indonesia sudah lebih dari 3000 virus, baik itu memang benar-benar virus maupun virus abal2, tetapi tetap saja berbahaya, belum lagi virus impor yang terkenal ganas seperti conficker, sality, dll.
Berikut ini beberapa antivirus yang bisa dipakai, baik itu gratisan maupun berbayar :
Kaspersky
Avast
Avira
Eset
Panda
Bit Defender
AVG
Smadav
Clamwin
Kedua Pasang Selalu Firewall
Firewall berfungsi untuk mencegah akses tak resmi ke dalam pc kita, bahkan bisa mencegah terkena netcut. Berikut ini beberapa aplikasi firewall yang paling sering dipakai :
Comodo Firewall
Zone Alarm Firewall
PC Tools Firewall
Outpost Firewall
Ketiga Pasang Anti malware
Antivirus saja belum cukup, anti malware dapat membantu kita mencari dan memusnahkan malware maupun rootkit yang bersembunyi nun jauh disana (didalam system :P ). Beberapa contoh Anti Malware yang bisa di download :
Malwarebyte’s Anti Malware
Super Anti Spyware
Spybot Search n Destroy
Keempat Gunakan Virtual keyboard
Kalau menggunakan virtual keyboard gunakan saja ketika akan memasukan password sewaktu ingin login ke fb misalnya. Kita bisa menggunakan virtual keyboard bawaan windows, caranya :
Klik STRART ==> All Program ==> Accesories ==> Accessibility ==> OnScreen Keyboard
Makan akan muncul keyboard virtual, kita bisa memasukan data dengan mengklik tombol mouse pada karakter yg ingin dimasukan. Itu untuk windows kalau untuk linux saya belum tahu hehehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

free counters