.

Rabu, 02 Oktober 2013

Pengenalan SQL Server

Microsoft SQL Server 2000 ialah perangkat lunak Relational Database Management System (RDBMS) yang handal. Dirancang untuk mendukung proses transaksi yang besar seperti (inventori, akuntansi atau manufaktur) dengan arsitektur client/server. Dalam sistem client/server, ada suatu program yang meminta pelayanan khusus dan ada juga yang memproses palayanan dari permintaan tersebut. Program yang meminta pelayanan disebut client, sedangkan yang memberikan pelayanan disebut server. Microsoft SQL Server 2000 juga ditujukan untuk arsitektur ini. Data disimpan dan diatur oleh server, sedangkan client berinteraksi dengan user dan mentransmisikan user ke server. SQL Server 2000 dapat dijalankan pada sistem operasi Windows NT4.0 Server atau Microsoft Windows 2000 Server, dan dapat diinstall juga pada personal desktop di Windows 2000 profesional, Windows 98 dan Windows Millenium.
SQL Server 2000 terdiri atas tujuh edisi berbeda yang tersedia pada CD yang berbeda, yaitu Standard Edition, Enterprise Edition, Personal Edition, Developer Edition, Windows CE edition, Evaluation edition dan Microsoft Desktop Engine (MDE).
SQL Server 2000 mempunyai fasilitas tambahan yang membuat ia memiliki kemampuan penuh dalam e-Commerce. SQL Server 2000 secara otomatis akan menginstall enam database utama, yaitu master, model, tempdb, pubs Northwind, dan msdb. Berikut
penjelasan masing-masing database :
1. Master
Master database ialah gabungan dari tabel-tabel sistem yang mencatat instalasi server secara keseluruhan dan seluruh database yang dibuat secara subsekuen. Database master sangat kritis pada sistem Anda, jadi pastikan untuk membackup/mengkopinya. Operasi seperti pembuatan database lainnya, mengubah konfigurasi dan memodifikasi account login akan mengubah database master, jadi setelah melakukan aktivitas tersebut, Anda harus membackup database master.
2. Model
Model database ialah template database. Setiap kali Anda membuat database, SQL server membuat sebuah kopi dari model untuk membentuk basis dari database baru. Jika Anda menginginkan setiap database baru untuk memulai dengan obyek tertentu atau ijin, Anda dapat meletakkannya di model, dan seluruh database baru akan mengikutinya.
3. Tempdb
Tempdb ialah database tempat menampung data sementara untuk wadah kerja kita. Database ini akan dibuat setiap SQL server di start ulang. Seluruh pengguna/user mempunyai hak untuk membuat dan menggunakan tabel private dan global sementara yang disimpan di database tempdb (tabel private dan global mempunyai awalan # dan ##).
4. Pubs
Database ini ialah database contoh yang sering digunakan untuk panduan belajar SQL server. Anda boleh menghapusnya jika Anda tidak menginginkannya. Anda tidak perlu takut untuk membuat perubahan/modifikasi pada database pubs, karena Anda dapat menginstall ulang database pubs dengan menjalankan scriptnya pada subdirektori install. Pada SQL Query Analyzer, buka file dengan nama Instpubs.sql dan eksekusi file script tersebut. Pastikan bahwa tidak ada database pubs di server Anda dengan men-drop database tersebut.
5. Northwind
Database Northwind ialah contoh database yang awalnya dibangun untuk digunakan di Microsoft Access. Database Northwind dapat dibuat dengan cara yang sama seperti database pubs, yaitu dengan menginstal instnwnd.sql di subdirektori\install.
6. Msdb
Database MSDB digunakan oleh SQL Server Agent Service, yang membentuk aktivitas terjadwal seperti backup dan tugas-tugas replikasi. Seluruh informasi di dalam msdb dapat diakses dari SQL Server Enterprise Manager. Jadi, Anda biasanya tidak harus mengakses data secara langsung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

free counters